Selasa, 26 Oktober 2010

Ilmu Sosial Dasar

ILMU SOSIAL DASAR
                
       Seperti sama-sama telah kita ketahui, bahwa di Negara kita telah banyak Perguruan Tinggi baik Universitas, sekolah tinggi, akademi dan lainnya yang nantinya akan meluluskan banyak Sarjana maupun Diploma diberbagai bidang.  Setiap tahunnya akan diluluskan ribuan mahasiswa yang nantinya mereka semua akan bersaing disuasana yang baru lagi, bukan bersaing dalam hal nilai, IPK di dunia sekolah maupun di dunia kulaih lagi, melainkan mereka semua nantinya akan bersaing di dunia kerja.
          
      Yang tentunya persaingan itu akan lebih sulit lagi karena untuk masa depan kita dan saatnya untuk mempergunakan ilmu yang telah ditempuh selama beberapa tahun di bangku kulkiah. Namun di dalam dunia kerja ini, tidak hanya membutuhkan ilmu saja, tetapi juga sangat diperlukan juga ilmu sosial dasar dimana di dalam dunia kerja membutuhkan itu, seperti kemampuan kita untuk berbicara, meliputi teknik dalam berbicara maupun sopan santun di dalam berbicara dalam menghadapi seseorang, seperti atasan, rekan kerja dan sebagainya. Selain kemampuan berbicara  ilmu sosial dasar ini juga dibutuhkan seperti dimana kita belajar untuk menempatkan diri, dimana saatnya berbicara dan mengeluarkan pendapat , saat untuk mendengarkan, menumbuhkan suatu kepercayaan diri, disiplin dalam segala hal tentunya disiplin dalam hal pekerjaan, menumbuhkan sikap yang antusiasme dan menjauhkan rasa pesimis, dan sebagainya.
       
     Memang ada sebagian orang yang menganggap hal ini gampang-gampang saja untuk dilakukan, tetapi belum tentu pada kenyataannya hal tersebut mudah untuk dilakukan, maka dari itu, selain hardskills yang diperlukan softskills inin jangan sampai diabaikan bahkan perlu untuk dipelajari.

      Karena apabila kita memiliki kemampuan akademik atau hardskills yang kuat dan didampingi dengan kemampuan softskills yang kuat juga, maka akan membuat kita lebih mudah untuk mendapatkan pekerjaan, dengan begitu kita akan lebih siap untuk berkompetisi di dunia kerja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar